AFC Memberikan Hukuman Denda Rp 94 Juta Pada PSSI Karena Melanggar Aturan
- Berita Bola

AFC Memberikan Hukuman Denda Rp 94 Juta Pada PSSI Karena Melanggar Aturan

Persatuan sepak bola seluruh Indonesia atau biasa kita kenal dengan sebutan PSSI harus rela mengeluarkan dana sebesar 6250 USD atau setara dengan 94 Juta rupiah. Hal ini dikarenakan federasi sepak Bola Asia atau AFC memberikan hukuman kepada pihak PS S ih karena telah lalai ketika partai Korea Selatan VS Vietnam Yang dilaksanakan saat semi final Asian games 2018 tepatnya di stadion Pakansari, Cibinong.

AFC sendiri memberikan pengertian bahwa PS S ini sudah melanggar pasal 64 tepatnya poin satu mengenai kode Ethic dan disiplin AFC, yang terkait dengan pengaturan di dalam pertandingan. AFC menganggap PSSI ini sudah gagal untuk menjadi penyelenggara pertandingan Korea Selatan VS Vietnam dan tidak berjalan sesuai aturan yang sudah berlaku. Insiden yang terjadi adalah adanya kegiatan menyalakan suar ketika pertandingan berlangsung. Pihak penyelenggara dinilai gagal untuk menerapkan peraturan sebelum pertandingan, di saat pertandingan berlangsung, dan juga setelah pertandingan usai. Kurang lebih sebanyak tiga suar menyala di menit 66 dan juga menit 70 pada waktu pertandingan.

Karena kesalahan yang sudah dilakukan, maka AFC memberikan denda sebesar 94 Juta rupiah. Denda ini harus dibayarkan paling lambat 30 hari pasca keputusan tersebut dikeluarkan oleh pihak AFC. PSS ini juga diberikan informasi akan mendapatkan hukuman yang jauh lebih berat jika peristiwa peristiwa seperti ini kembali terulang.

Bukan hanya pihak PSSI saja yang mendapatkan hukuman dari KFC. AFC sendiri juga memberikan denda kepada federasi sepak bola Vietnam atau VFF atas peristiwa yang serupa. Namun perbedaan nya, AFC memberikan benda yang jauh lebih besar kepada pihak VFF yaitu sebesar 12500 dollar Amerika. Waktu yang diberikan juga sama, yaitu selama 30 hari pasca hukuman tersebut dikeluarkan.

Stadion Utama Gelora Bung Karno Di Jakarta, dan juga stadion Pakansari di Cibinong menjadi salah satu tempat berlangsungnya cabang olahraga sepak bola pada perhelatan Asian games 2018 lalu. Korea Selatan sendiri penghasil menjadi pemenang setelah mengalahkan Jepang pada babak final. Untuk Tim Vietnam, mereka Gagal untuk mendapatkan Mendali Perunggu setelah berhasil dikalahkan oleh Tim dari Uni Emirat Arab melalui babak Pinalti.

Apa sanksi tersebut, pihak PSSI diberikan kewajiban untuk membayar sejumlah dana yang sudah ditentukan oleh pihak AFC. Ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran agar PSSI mampu menciptakan suasana yang jauh lebih kondusif lagi di dalam suatu pertandingan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan kesalahan tersebut kembali terulang. Dengan menyatakan berbagai jenis kembang api ataupun berbagai instrumen lain yang sekiranya dapat mengganggu pertandingan, maka pihak pihak terkait harus memberikan pertanggung jawaban. Dalam hal ini, AFC memberikan Ganjaran kepada PSSI karena dianggap kurang bertangungjawab atas kejadian tersebut. Bukan hanya itu saja, sebagai suporter, masyarakat seharusnya lebih peka terhadap peraturan peraturan sehingga tidak akan ada pihak pihak yang dirugikan.

About Kay Banks

Read All Posts By Kay Banks